Lapisan Lilin


"Granite tile harus dipoles (polish) supaya tampak kilap, benarkah demikian ?"...sering Kami menerima pertanyaan - pertanyaan seperti itu dari customer yang ingin membeli granite tile. Mungkin bagi customer yang belum pernah menggunakan granite tile, mereka akan bingung dan bertanya - tanya mengapa harus demikian bukankah kalau saya menggunakan keramik, saya tidak usah repot - repot lagi poles dan sebagainya, dan mengapa granite tile yang harganya lebih mahal tetapi lebih merepotkan....

Sebenarnya masalah tersebut tidaklah serumit yang diperkirakan, memang benar semua granite tile harus dipoles karena di permukaan granite tile ada lapisan yang sering dinamakan "lapisan lilin", ini merupakan sisa/bekas material pada proses poles (polish) di pabrik. Lapisan ini juga berfungsi untuk pelindung permukaan granite tile dari bahan-bahan/material lainya yang mungkin bersifat merusak permukaan granite tile terutama pada proses pemasangan di lapangan. Terutama pada granite tile printing biasa yang tidak tahan noda, jika masih ada lapisan lilin noda tidak akan mudah masuk atau menyerap ke dalam granite tersebut serta pelindung terhadap material batu/pasir yang biasa menyebabkan goresan pada tile.

Lapisan lilin sangat mudah untuk dihilangkan, cukup menggunakan bubuk polish khusus granite tile (kira - kira Rp.50.000/kg) dan busa kasar pencuci piring/sikat kasar/kain goni ditambah dengan air sedikit lalu digosokan secara merata lalu bersikan dengan air maka dalam sekejap lapisan lilin akan hilang dan tampak kilap. Mau lebih mudah lagi ada cara lain gunakan saja semen putih sebagai media bubuk polish, prosesnya sama seperti diatas hanya saja mungkin agak lama sedikit dan harus dibersihkan bekas semennya sampai bersih sekali, karena jika ada sisa semen akan mengeras dan membuat tile tampak kurang bagus dan merusak tile. Juga bisa menggunakan kertas amplas yang halus dan langsung digosokan tanpa air atau cara yang paling gampang adalah biarkan saja, kalau kita injak dan bersihkan (pel) terus setiap hari lama - lama akan hilang sendiri tapi butuh proses waktu.

Jadi masalah lapisan lilin pada granite tile tidaklah serumit yang selama ini diperkirakan banyak customer, tidaklah serumit pe-moles-an seperti di marmer atau granit alam, karena jenis tersebut memang harus di poles dengan bahan tertentu supaya tampak kilap dan memang pori - porinya sangat besar sekali jadi dibutuhkan perawatan secara rutin dan menghabiskan banyak biaya dan menggunakan tenaga khusus. Berbeda dengan granite tile pemolesan cukup sekali untuk menghilangkan lapisan lilin saja. Selanjutnya untuk proses pemeliharaan 1-2 tahun kedepan bisa dilakukan lagi supaya permukaan tile tampak seperti baru lagi.

Semoga bermanfaat bagi customer yang selama ini masih kurang paham,..don't worry, be happy.

 
 
 
 

 
 
 
 
www.golden-tile.com